Al-Qur’an Surat Asy Syams Ayat ke-1

Al-Qur’an Surat Asy Syams Ayat ke-1

Assalamu’alaikum, Ayah Bunda! Kita bahas surat Asy Syams yuk 😀

Gimana hari ke-3 puasanya nih? Semoga semakin semangat, ya! Hari ini kita bahas lagi ayat, yuk! 

Insya Allah hari ini kita akan bahas bersama tentang matahari, ya. 

Tahu enggak warna matahari itu apa? Ayo, siapa yang jawab warnanya kuning? Ternyata, warna matahari itu bukan kuning, lho! Sebenarnya, warna matahari adalah putih.

Dilansir dari Thoughtco, jika kita melihat matahari dari Stasiun Luar Angkasa Internasional (International Space Station/ISS) atau bulan, bisa banget tuh kelihatan warna asli matahari. Jadi, aslinya warna matahari itu banyak banget, tapi mata kita menangkap pencampuran warna itu jadi satu yaitu putih.

Matahari dijadikan salah satu nama surat dalam Al Qur’an yaitu As Syams. Dalam ayatnya yang ke-1 dijelaskan artinya:

“Demi matahari dan cahayanya di pagi hari.”

Asy Syams : 1
Asy Syams

Dalam surat ini dimulai dengan Allah SWT yang bersumpah demi sejumlah makhluk ciptaan-Nya yang begitu besar. Allah SWT bersumpah dengan matahari dan sinarnya di pagi hari, yaitu ketika naiknya matahari setelah kemunculannya.

Kenapa Matahari?

Kenapa Allah SWT bersumpah dengan matahari lebih dulu? Ini karena matahari merupakan bintang yang paling besar yang menyinari seluruh alam. Matahari diciptakan oleh Allah SWT dapat menyinari sampai ke lapisan yang paling dalam, cahayannya dapat menembus lubang yang terkecil. Lalu cahaya matahari itu berpindah ke bagian bumi yang lain ketika malam datang ke bagian bumi lainnya. 

Ternyata, aktivitas matahari dapat memengaruhi parameter iklim juga, lho! Tidak cuma itu, variasi curah hujan dengan berbagai cara dan skala waktu yang berbeda juga dipengaruhi oleh matahari. Masya Allah, ciptaan Allah SWT luar biasa ya. 

Pantas saja ya matahari dijadikan pusat tata surya. Bahkan ini juga disebutkan dalam Al Qur’an, lho! Insya Allah kapan-kapan kita bahas bersama ya.

Cahaya matahari tidak akan pernah berkurang, kecuali Allah SWT menghendakinya. Matahari akan terus bersinar sampai waktu yang ditentukan oleh Allah SWT.

Maka selama matahari masih bersinar, pohon-pohon akan terus tumbuh, buah-buahan akan menjadi matang, dan banyak sekali manfaat yang lain yang dapat membantu hidup manusia selama di bumi. 

Sungguh besar ya kuasa Allah. Matahari sebagai salah satu ciptaan-Nya memberikan banyak manfaat bagi ciptaan-Nya yang lain. Masya Allah, banyak sekali yang harus kita syukuri. 

Kontributor tulisan : Mustika

Bagi Ayah – Bunda yang mau mendapatkan informasi dari Familia Kreativa, silakan bergabung di telegram Familia Kreativa bersama 4.500+ keluarga lainnya melalui link ini : Telegram FK Berbagi.

Klik DI SINI untuk Follow INSTAGRAM Familia Kreativa 

Klik DI SINI untuk Subscribe YOUTUBE Familia Kreativa 

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*